Hadratul Asliyah (FA/7077)

15 10 2008

KAJIAN PENGGUNAAN OBAT HERBAL PADA TERAPI HIPERTENSI PASIEN RAWAT JALAN R.S HAPPY LAND YOGYAKARTA PERIODE JANUARI – MEI 2007

Hadratul Asliyah
(04/177051/FA/07077)

Dalam upaya pengembangan pengobatan herbal, telah dilakukan penelitian mengenai kajian penggunaan obat herbal terhadap pasien hipertensi rawat jalan Poli Herbal di RS Happy Land Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan obat herbal, baik pola penggunaan herbal yang digunakan dalam terpai hipertensi, efektifitas pengobatan herbal dalam menurunkan tekanan darah dan keterkaitan metabolit sekunder herbal-herbal yang digunakan dengan kemungkinan efek yang dihasilkan.

Penelitian ini termasuk penelitian non eksperimental dengan rancangan deskriptif analitik. Subyek penelitian adalah pasien hipertensi Poli Herbal RS Happy Land Yogyakarta periode Januari-Mei 2007. Data penelitian diambil secara retrospektif dari rakam medis dan data resep pasien. Pola pengobatan herbal dianalisis secara deskriptif dar data resep apsiesn. Uji keefektifan pengobatan herbal dianalissis dari data tekanan darah pasien sebelum dan sesudah pengobatan melalui uji t berpasangan, menggunakan pengolah data statistik SPSS versi 15.0. Kriteria inklusi untuk uji keefektifan pengobatan herbal adalah pasien hipertensi Poli Herbal RS Happy Land Yogyakarta yang melakukan kunjungan pemeriksaan sebanyak 2 kali dalam kurun waktu yang berurutan. Telaan pustaka dilakukan untuk mengetahi keterkaitan kandungan senyawa dalam bahan ramuan obat herbal dengan efek penurunan tekanan darah (hipotensif).

Dari penelitian diperoleh hasil bahwa obat herbal yang digunakan herbalis di RA Happy Land Yogyakarta untuk penanganan penyakit hipertensi dan penyertanya adalah sebanyak 39 jenis (10 jenis diantarnaya terbukti memiliki aktivitas antihipertensi pada uji hewan dan klinik), jumlah obat herbal yang diresepkan herbalis setiapn resepenya berkisar antara 9-10 jenis (2-3 jenis diantaranya merupakan herbal utama), dosis tiap herbal berkisar antara 1,5 – 5 gram, obat herbal digunakan dengan cara direbus dan air rebusan yang dikonsumsi. Analitik statistik menunjukkan bahwa pengobatan herbal tersebut efektif dalam menurunkan tekanan darah pasien hipertensi secara bermakna. Namun demikian, secara klinis penurunan tersebut tidak menjadikan tekanan darah pasien mencapai terget terapi pengobatan hipertensi. dari telaah pustaka diperkirakan bahwa kekompleksan metabolit sekunder yang terkandung dalam ramuan obat herbal mendukung adanya suatu sistem pengobatan yang holistik, dan diperkirakan obat herbal berpengaruh pada perbaikan kondisi kesehatn pasien.

Kata kunci : pengobatan herbal, pola pengobatan hipertensi, RS Happy Land Yogyakarta

CP : lya_1986@yahoo.com


Actions

Information

6 responses

11 11 2008
cah 06 fba

mbak ama mas nya…
kalo bisa contoh proposal kalian di masukin donk….
nanti kan bisa di download…
gimana ???
leh ngga””????

11 11 2008
miladiah

hm..
boleh aja pinjem tapi gak tak upload disini..
soalnya aksesnya terlalu bebas..
mending pinjem langsung aja ya.. hehe.. kan bisa lihat penampakan aslinya.. hehe..

..sambil nyari2.. proposalku kemana ya..?? krik..krik..krik..😦

12 11 2008
Puguh Indrasetiawan

proposa bisa pinjem aja yaa..

tanya aja mas mas atau mbak mbaknya

okeee??

dijamin bisa dipinjem kok

asal ngga dapet yang PUELITE pol hahaha

17 11 2008
pengobatan hipertensi

nice artikel….
thanks ya infonya…
sangat bermanfaat

11 06 2010
lia

mb,,bs gak ksh hasily,,brp prosentse penurunan akbt obt herbal bwt hipertensi ?
saya bth hsly,,bwt dasar / penelitian terdahulu.
thanks sblmy

23 08 2010
HADRA

@ LIA : tolong email ya. ntar saya coba kasi infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: