Sekar Aji C. (o4/FA/o7176)

6 09 2008

PENGARUH VARIASI KADAR PRIMOJEL SEBAGAI BAHAN PENGHANCUR DALAM FORMULASI TABLET EKSTRAK DAUN KEPEL (Stelecocarpus burahol (Bl.) Hook, f. & Th.)

INTISARI

Daun kepel (Stelecocarpus burahol (Bl.) Hook, f. & Th.) digunakan oleh masyarakat untuk mengobati asam urat dengan cara direbus. Hal ini dinilai kurang praktis. Pembuatan tablet merupakan upaya untuk membuat sediaan yang lebih praktis dan efisien. Ekstrak mempunyai daya lekat yang tinggi, agar tablet dapat hancur diperlukan bahan penghancur yang mempunyai kemampuan besar. Primojel merupakan salah satu superdisintegran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kadar primojel sebagai bahan penghancur terhadap kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet.
Ekstrak daun kepel dibuat dengan maserasi etanol 70%. Ekstrak yang diperoleh diuji organoleptis dan sifat fisik (rendemen, daya lekat, kekentalan). Ekstrak dibuat massa granul dengan laktosa, diayak dengan ayakan no. 12 dan dikeriangkan pada suhu 50oC. Granul kering diayak dengan ayakan no. 14, ditambah fase eksternal (Primojel, talk dan Mg-Stearat). Granul diuji sifat fisik (waktu alir, pengetapan, densitas, kompaktibilitas, kadar air) kemudian dikempa. Tablet yang dihasilkan diuji sifat fisik (keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, kecapatan penyerapan air, waktu hancur). Data yang diperoleh dibandingkan dengan persyaratan yang terdapat pada Farmakope Indonesia dan pustaka lain yang berlaku dan dianalisis menggunakan metode statistik analisis varian satu jalan dan Kruskall Wallis dengan taraf kepercayaan 95%.
Variasi kadar Primojel berpengaruh terhadap kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet ekstrak daun kepel. Semakin besar kadar Primojel yang ditambahkan akan menurunkan kekerasan dan meningkatkan kerapuhan tablet. Penambahan kadar Primojel 6% mempercepat waktur hancur tablet, namun penambahan kadar yang lebih besar (8%) memperlama waktu hancur tablet. Formula III dengan penambahan Primojel 6% merupakan formula paling baik ditinjau dari kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet.

kata kunci : tablet, Primojel ekstrak daun kepel


Actions

Information

3 responses

2 10 2009
Titis

Mbak, ada data tentang kandungan zat aktif yang terdapat dalam daun kepel? terima kasih sebelumnya

23 04 2012
Mamanya Galih

Makasih infonya, ini sangat membantu.

24 09 2011
Agnes S Nugroho

Dimana dapat di beli tablet daun kepel, klo ada info yang jelas tolong email saya, asam urat saya mulai naik setelah tua ini, biasanya saya dapat daunnya dan saya rebus dengan ukuran 7 lembar dipotong2 dan direbus dengan 3 gelas menjadi 1gelas , namun setiap minum 4-5 hari maag saya kambuh sleneb2 sebah..
apa mungkin klo minum tabletnya bisa mengurangi rasa ngak nyaman di maag saya..?
Mohon penjelasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: