Rasidah (o4/FA/o7237)

29 08 2008

 

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA ANTIBAKTERIAL DARI MINYAK ATSIRI BUNGA CEPLIK SARI (Eucalyptus albaReinw.)


INTISARI

 

      Penyakit infeksi merupakan penyakit teratas penyebab kematian di negara berkembang. Bakteri penyebab timbulnya infeksi cenderung bersifat resisten terhadap antibiotik, sehingga pencarian agen antibiotik yang lebih poten dan efek sampingnya rendah masih diperlukan. Minyak atsiri tanaman suku Myrtaceae banyak yang telah diketahui memiliki komposisi kimia yang dapat memberikan aktivitas antimikroba. Ceplik sari (Eucalyptus alba Reinw.) merupakan tanaman suku Myrtaceae yang  juga mengandung minyak atsiri. Oleh sebab itu, pada penelitian ini dilakukan uji aktivitas antibakteri minyak atsiri bunga ceplik sari terhadapStaphylococcus aureus ATCC 25923 dan Escherichia coli ATCC 35218 beserta isolasi dan identifikasi senyawa apa yang berpotensi sebagai antibakteri.

      Metode dilusi cair digunakan untuk uji aktivitas antibakteri, sedangkan untuk mengetahui senyawa aktif yang bersifat sebagai antibakteri digunakan metode bioautografi. Senyawa aktif yang terdeteksi dengan metode bioautografi kemudian diisolasi dengan metode Kromatografi Lapis Tipis Preparatif (KLTP). Identifikasi dan karakterisasi senyawa aktif dari minyak atsiri dilakukan dengan kromatografi gas-spektrometri massa (KG-SM).

      Hasil uji dilusi cair diperoleh nilai kadar hambat minimum (KHM) S. aureus dan E. coli secara berturut-turut adalah 3,1 µl/ml dan 6,2 µl/ml. Sedangkan nilai kadar bunuh minimum (KBM) secara berturut-turut adalah 6,2 µl/ml dan 12,5 µl/ml. Hasil uji bioautografi menunjukkan ada dua zona jernih, yang mengidentifikasikan adanya senyawa yang bersifat antimikrobial. Isolasi fraksi aktif minyak atsiri yang dipandu oleh hasil bioautografi menghasilkan fraksi aktif 2 dan 3. Kedua fraksi tersebut dianalisis dengan KG-SM dan diketahui bahwa senyawa utama dalam fraksi 2 adalah globulol dan dalam fraksi 3 adalah spatulenol, dengan kadar relatif dalam masing-masing fraksi adalah 61,60% dan 46,12%. Kedua senyawa tersebut termasuk golongan senyawa seskuiterpen alkohol. 

Kata kunci : Eucalyptus alba Reinw, minyak atsiri, antibakterial, globulol, spatulenol.


Actions

Information

3 responses

6 09 2008
i-val,

assalamu’alaikum, hm, ceplik sari?? kok baru tw ya,
hm, oh iy, bwt mba mas dedengkot, hm aq usul, mnt tlg mnt bwtin galery foto bahan penelitian,
misale simplisia opo ngono,
nuwun,
hm, hny usul sj,
wikikikik

14 12 2009
Soeanto Hk

Tanya bu,cepliksari banyak tumbuh tepatnya didaerah mana? tq ya

28 10 2010
haryoshi

nice…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: