Obat kolesterol dari suku Sasak

26 08 2008

http://www.kompas.com, 7 Agustus 2008

DARI sekian banyak tumbuhan berbunga, beberapa di antaranya sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional oleh Suku Sasak di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Jenis tumbuhan yang biasa digunakan  Suku Sasak misalnya mayang kelapa dan daun ceremai sebagai obat alami penurun kadar kolesterol dan gula darah.

Drs. M. Yamin, M.Si dari Lembaga Penelitian Universitas Mataram (Unram) di Mataram, Kamis (7/8) di hadapan peserta Expose Hasil Penelitian yang diadakan Bappeda NTB, menyatakan sedikitnya 30 ribu spesies tumbuhan berbunga terdapat di hutan Indonesia dan 1.650 spesies di antaranya berkhasiat untuk dijadikan obat. 

Di kalangan suku sasak, tumbuh-tumbuhan ini diyakini memiliki khasiat yang lebih mujarab daripada obat kimia. “Berkaitan dengan itu, sejumlah pengobatan tradisonal Suku Sasak, Lombok, terlihat efektif daripada yang lazim digunakan dokter,” ungkap M Yamin.

Dikatakan Yamin, pengetahuan masyarakat Sasak tentang obat-obatan itu diperoleh dari naskah daun Lontar Usada Lombok yang sudah berusia ratusan tahun, dan warisan turun temurun. Menurutnya, ada sekitar 263 jenis penyakit dan 163 jenis obat-obatan tradisional suku Sasak. Meskipun khasiat obat  tradisional itu sudah diyakini dan dibuktikan sejak lama, namun hingga kini belum ada riset atau penelitian ilmiah secara mendalam.

Penanganan kesehatan yang bersifat tradisional dengan menggunakan obat tradisional dari bahan tumbuhan atau hewan hingga kini masih populer di masyarakat. Selain karena biayanya yang relatif murah, pengobatan tradisional menggunakan tumbuhan mudah diperoleh berkat potensi alam yang kaya selain juga merupakan warisan turun temurun.

Pada bulan Maret 2007 pernah ada upaya untuk menguji khasiat dan analisis kandungan bahan aktif obat tradisional Sasak untuk penurunan kadar kolestrol dan gula darah. “Tujuannya untuk mengetahui kebenaran khasiat mayang kelapa dan daun cerami terhadap kadar kolesterol dan gula darah, kandungan bahan aktif masing-masing obat serta menyediakan informasi penanganan masalah kolestrol dan gula darah,” katanya.

Sebelumnya Ketua Bappeda NTB, Drs. H. Lalu Fathurrahman menjelaskan,  pihaknya telah mengidentifikasi sebanyak 123 judul penelitian yang direkomendasikan untuk pengembangan kajian pembangunan di daerah ini. Penelitian tersebut meliputi kajian pada sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, pertanian serta sektor unggulan lainnya.


Actions

Information

3 responses

21 11 2009
i gde indrawijaya

Salam Hormat,

Saya lahir dan besar di Pulau Lombok ini…
saya tertarik dengan obat herbal karena tidak suka dengan yang “kimia”

saya punya resep herbal untuk obat asma
saya pernah tanya kepada salah satu mahasiswi FK Unram, apakah sudah ada obat untuk menymbuhkan penyakit asma..jawaban yang saya dapat saat itu adalah “belum ada”

saya ajak untuk melakukan penelitian..tapi mahasiswi tersebut enggan..
apa yangada dipikiran saya waktu itu??… kenapa seorang mahasiswi FK tidak ada tertarik untuk penelitian obat???

Demikian cerita saya dulu berkaitan dengan mahasiswi FK Unram tsb.

Saya ingin sekali melakukan penelitian untuk membuktikan secara ilmiah khasiat ramuan/resep keluarga saya tersebut, sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk orang banyak terlebih si penderita asma.

Adapun garis besar obat ini adalah menggunakan khasiat daun tanaman nanas. (untuk campuran lainnya, saya jelaskan kemudian)
Saya juga sudah baca bahwa ada penelitian tentang khasiat tanaman nanas yang salah satunya dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit asma. Hanya belumvberupa obat utuh, hanya saja ada unsur yang terkandung didalamnya yang dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit asma tersebut.

Dalam kesempatan ini saya minta bantuan (dana dan fasilitas) untuk melakukan penelitian resep keluarga saya ini menjadi obat asma yang dapat diterima oleh masyarakat ilmiah dan masyarakat umum khususnya penderita asma.
Demikian, saya sangat berharap tulisan saya ini diperhatikan dan ditanggapi. Atas perhatian dan kebaikan Bapak saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Indra
081805209320

4 12 2009
miladiah

,terimakasih bpk mau mampir d blog kami,
apalagi bpk bs kasih info utk penggunaan tanaman sbg obat2 yg dgunakan scr empiris
bapak bs berkonsultasi dgn dosen2 kami d fakultas farmasi UGM, ato fakultas farmasi lainnya,
utk obat asma dr bahan alam sbnarny sdah ada,seperti daun kecubung,dan penggunaannya spt rokok,bkn drebus..
kami sngt mengharapkan adany krjasama spt ini,shg pengobatan dgn herbal d indonesia bs lbh maju.aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaam!n‘m!n‘m!n‘m!nQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQŠjŒiŠjŒiŠjŒiŠjŒiŠjŒiŠjŒiŠjQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#QQ#Q ‰jŠi ‰jŠi ‰jŠi ‰jŠi ‰jŠi ‰jŠi ‰jQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#PQ#P!†iˆh!†iˆh!†iˆh!†iˆh!†iˆh!†iˆh!†i0000000000000000000000000000000000000000„f„f„f„f„f„f„f„f„f„f„f„f„f0000000000000000000000000000000000000000ddddddddddddd€c€c€c€c€c€c€c€c€c€c€c€c€ci,,Üá6Q,,ØDGØDG,,,,,,,,Üá6,,,áá,,ççççççççççáááááááááá,,ççççççççççàààààààààà,,ûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞßßßßßßßßßß,,ûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞûÞÞÞÞÞÞÞÞÞÞÞ,,ûÞûÞ

28 10 2010
haryoshi

nice information.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: