Amelia Indriana (o4/FA/o7199)

13 08 2008

PENGARUH SUKROSA TERHADAP KULTUR KALUS DAUN BINAHONG (Anredera scandens (L.) Moq)

Abstrak

Penggunaan obat dari bahan alam telah banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Salah satu tumbuhan obat yang saat ini banyak digunakan adalah binahong atau Anredera scandens (L.) Moq. Bahan yang masih dikumpulkan dari tumbuhan liar tidak dapat menjamin ketersediaan bahan baku secara berkelanjutan dan persyaratan kadar metabolit sekunder yang berkhasiat tidak seragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh variasi kadar sukrosa terhadap produksi kalus daun binahong dan metabolit sekunder senyawa golongan flavonoid dan saponin.

Kalus daun binahong diperoleh dari perbanyakan secara in-vitro dalam media MS padat 2,4 D 1 ppm dengan variasi kadar sukrosa 22,5; 30; 37,5; 45; dan 60 g/L. Kalus yang didapatkan dipanen setlah berumur sekitar 20, 40, dan 60 hari. Pengaruh sukrosa terhadap pertumbuhan kalus dianalisis dengan menggunakan parameter rerata bobot segar kalus dan bobot kerin kalus. Pengaruh sukrosa terhadap metabolit sekunder kalus dianalisis dengan kromatografi lapis tipis. Ekstrak etil asetat kalus dibandingkan dengan ekstrak etil asetat daun binahong.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh terbesar pada pertumbuhan kalus diberikan oleh media dengan kadar sukrosa 60 g/L. Profil kromatogram menunjukkan senyawa flavonoid terdapat pada media S30 dan S37,5 yang dipanen pada hari ke 20. Senyawa golongan saponin tampak pada semua media perlakuan. 

Kata kunci : binahong, kalus, sukrosa, metabolit sekunder

 

 


Actions

Information

8 responses

6 09 2008
i-val,

wah2, binahong,
mkch tuw bwt tim kjt, cz binahong jadi naik daun,
berawal dr sebuah tanaman pagar yg sbnrny mnrtQ liar dan krg diperhatikan,
hiks.
hiks.,
mesakne,
wah ra popo, skrg kalian para binahong udh pada naik daun, famous,
sip dah,
wikikikik

15 09 2008
melania05

hi mb mel…
woke jg tuh skripsinya..
kt adek2nya mohon bimbingan dari k2 angktn
ps: ak jd pinjem bhn kulnya y mb…hehehe

30 10 2008
moejaheedean

Halo,..salam kenal,…

Saya tertarik dengan penelitian anda,….dan saya sekarang sedang meneliti tanaman ini,… kira2 saya bisa minta journal anda,..? Untuk melengkapi data penelitian saya,…

Terima Kasih atas bantuannya,…

13 11 2008
Amelia Indriana, S. Farm

buat yang minta jurnal…sekarang saya lagi ga bawa bahan jurnalnya. besok2 saya masukin deh alamat2 webnya. tapi penelitian tentang binahong memang baru sangat sedikit. saya hanya dapat abstraknya, itupun tanaman2 lain jenis tapi satu genus ataupun satu famili. jadi mungkin tidak sesuai harapan.kalo tentang pengaruh sukrosa ke kultur, ada cukup banyak. semoga masih saya simpan filenya hehe…

17 12 2008
Asih

Camlelyuuum..
Mba..mnarik bnget pnltian yg mba lakukan..
Mba,skrang sya lg mnliti KJT dgn smpel yg brbeda. Mba,apa bsa sy mnta file mba tntang pngaruh sukrosa?tlng bntuannya yah

16 01 2009
tita

mba, saya skr sedang meneliti binahong….
boleh g mba minta referensi pa ja yg mba pake…, atau jurnal2nya….
tanaman2 lain jenis tapi satu genus ataupun satu famili tu pa ja y ?
makasi……

28 10 2010
haryoshi

thumbup….

4 12 2010
desi kurniawati

mbak saya tertarik dg penelitian mbak…saya sekarang juga sedang menyusun skripsi tentang binahong…boleh g mbak saya minta referensi tentang binahong yang mbak pakai buat penelitian mbak…????

Leave a Reply

