Khasiat Meniran…

13 09 2008

Laporan di bawah ini sudah saya tulis di blog’nya PioGama.
Dengan niat untuk penyebar-luasan informasi dan pengalaman pribadi, maka saya ingin tulisan ini juga dimuat di Blog ini :

Sebagai penderita gagal ginjal, kemampuan tubuh untuk pembentukan Hb terhenti, sehingga kadar Hb saya setiap waktu cenderung turun dan tiap 6 bulan sekali butuh transfusi darah.
Dari berbagai hasil penelitian dilaporkan bahwa herba meniran (Phyllanthus niruri) memiliki kemampuan meningkatkan kadar Hb dalam darah, dan setelah saya coba mengkonsumsi infusa herba meniran dalam waktu 2 bulan, ternyata potensi itu memang terbukti bisa meningkatkan kadar Hb dalam darah.
Dari hasil penelitian pula dilaporkan bahwa meniran berfungsi membantu aktivitas kerja hormon pembentuk Hb (alfa atau beta Haemapoeitin : yang hormon ini tidak lagi diproduksi oleh ginjal yang rusak).
Sejak itu selama 2 tahun terakhir, saya tidak lagi pernah transfusi darah, dan Hb saya stabil antara 8,5 – 9,5 (kadar normal orang sehat = 12).
Transfusi disarankan kalau kadar Hb turun sampai 7 ke bawah.
Semoga informasi ini bisa dimanfaatkan para penderita gagal ginjal yang lain.

by : Didik Gunawan (Kepala Perpus FA UGM)


Actions

Information

10 responses

17 09 2008
Puguh Indrasetiawan

berita yang sangat baik

hal ini membuktikan bahan alam bukan omong kosong lagi
bukan anak kemarin sore

*masih rada mutung komdis tadi*

23 09 2008
panca

asslamualaikum .
Aku dari Budidaya perairan Undip. Tahu g kalo meniran bisa buat meningkatkan imunnya udang budidaya Lho?biar g kena virus n bakteri
wassalamualaikum

29 09 2008
Abu Dhani

Assalamualaikum wr wb ….

Saya ingin tahu resep meniran sebagai pendongkrak Hb. Saya juga menderita gagal ginjal, sudah 3 tahun, sekarang ini saya minum Iberet Folic 1 x 1. Hb saya sekitar 9.5. Tetapi Iberet Folic mahal sekalee, Rp 27,5 rb per papan isi 10. Kalau bisa disubsitusi dengan meniran mudah-mudahan lebih baik. Mohon informasi mengenai resepnya.

Wassalam,
Abu Dhani

11 10 2008
Didik Gunawan

Maaf, meniran bukan sebagai pendongkrak Hb, tetapi lebih kearah mempertahankan kadar Hb dalam darah supaya tidak terlalu anjlok. Selama ini (2 tahun terakhir) Hb saya stabil bertengger pada kisaran 9,2-9,5. Aku merasa itu cukup tinggi bagi seorang penderita gagal ginjal.
Resepnya : ya hanya herba meniran itu saja tanpa tambahan apa2, sebanyak 1 genggam di”infusa” (dalam istilah tradisional di “tim”) selama 15 menit atau di tim dengan 2 gelas air, biarkan air tinggal separonya. Bisa diminum sebagai pengganti teh, boleh pakai gula sesuai selera (itu utk sehari).
Aku juga pernah mencoba herba lain, juga berkhasiat, tetapi rasanya tidak begitu enak, yaitu menggunakan kulit ari kacang tanah. Apalagi cari kulit ari kacang itu juga sulit.
Semoga bermanfaat.

11 10 2008
Didik Gunawan

Buat mas Panca di UNDIP
Setahu saya meniran sudah OK dilaporkan bisa mempertahankan imunitas tubuh (manusia), bahkan sudah dijadikan obat herba, tetapi aku belum pernah tahu laporan tentang imunitas terhadap hewan or veteriner.
Tak telusurnya dulu.

11 10 2008
Didik Gunawan

Ada sebuah judul artikel yang menggelitik, ditulis oleh Dr Ernawati Sinaga Apt sbb : Suplemen jangan mengandung bahan obat (??)
Apa yang dimaksud bahan obat? bukankah suplemen itu bahan obat? (atau apa mungkin yang maksud adalah “suplemen jangan mengandung bahan sintetik”)
Terus dalam artikel lain menulis : “suplemen untuk penyakit tertentu seperti imunomodulator tidak boleh dipergunakan secara sembarangan”, ditulis oleh seorang dokter SpPD. saya jadi bingung : apa memang imunomodulator itu digunakan sebagai obat untuk menanggulangi penyakit tertentu??
Pak Dokter, Mohon dicek ulang di ensiklopedi, yang dimaksud dengan imunomodulator itu apa?
Blog ini ditujukan kepada para praktisi ilmiah, mohon jangan terlalu mengandalkan/menggunakan istilah awam.

16 12 2008
kathmandude

Saya sedang berusaha menganalisa ekstrak meniran dgn metode TLC
mohon informasi fase gerak apa yg sesuai.
terimakasih.

22 12 2008
Dedi suryadi

Saya kuliah di perikanan unpad, penelitian saya tentang pengaruh meniran terhadap serangan koi herpes virus (preventif). Saya mau nanya Senyawa aktif dari meniran sebagai penghambat aktivitas bateri dan virus itu apa? Terus bagaimana carakerjanya? Trim’s

17 02 2009
widiana

ass.wr.wb.
menarik sekali membahas tanaman yang berkhasiat obat..saya mungkin bisa dibantu, ibu saya 50 thn menderita arterosklerosis, kaki kanannya sudah susah buat ditekuk,.sakit sekali,terasa pegal,kalau jalan biasa gak berasa,tapi kalau duduk dan akan berdiri, susah sekali. pernah terapi ke dokter spesialis juga, yag diberikan obat golongan AINS (meloxicam) dan vitamin neurotropik, tapi sementara aja..mungkin ada tanaman yang bisa

28 10 2010
haryoshi

thanks 4 this info….

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

